Teknik Membaca Cepat

Thursday, June 18, 2009

-Scanning, yaitu melihat pada rangkaian teks tertentu untuk menemukan informasi yang spesifik. hal ini bisa di lakukan dengan menyimak daftar isi, kata pengantar atau bagian – bagian lainnya

-Melihat kata – kata kunci

-Skimming, yaitu melihat sekilas pada bagian awal dan akhir sebuah tulisan. hal ini didasari "teori menulis" yang mengajarkan untuk memuat gagasan utama pada awal tulisan dan kesimpulan pada akhir tulisan.

MEMBACA PERLAHAN, dibutuhkan untuk memperoleh pemahaman mendetil atau mengingat materi yang dibaca. cara

ini juga digunakan untuk memahami uraian yang sulit dan kompleks.

Teknik MEMBACA PERLAHAN

1. Membaca analitik atau membaca kritis
2. Mencoba membaca sembari memikirkannya
3. Memahami bacaan sembari mengajukan pertanyaan – pertanyaan.



SQ3R

Bagaimana caranya menyerap esensi bacaan secara efektif? dlm bukunya effective study, Francis Pleasent Robinson (1946) mengintroduksi strategi membaca yang dikenal sebagai "SQ3R". Nama tersebut adalah singkatan dari 5 (lima) langkah dalam strategi membaca

menurut Robinson, yaitu

1. Survey ( atau skim)

2. Question

3. Read

4. Recite (atau Recall)

5. Review.

Strategi ini kemudian sangat populer dan diadopsi menjadi bagian dari cara belajar efektif yang dianjurkan di banyak perguruan tinggi di Amreika Serikat.

Cara kerja strategi tersebut kira – kira sebagai berikut :

-Survey, Sebelum memulai membaca, ambil waktu 1 menit untuk melakukan survey untuk mendapatkan gambaran yang terkandung didalam buku yang dibaca. Simak bab yang hendak di baca secara keseluruhan; apasaja judul dan sub judulnya, bagaimana struturnya yang kira – kira mudah dicerna, perhatikan apakah ada ringkasan, rujukan atau kesimpulan. perhatikan apakah kita dapat menemukan sekurang – kurangnya tiga pikiran / topik utama dalam bab tersebut.

-Question (bertanya), memakan waktu kurang dari 30 detik. Masalah apa yang akan dibahas dalam bab tersebut dan dalam sub-sub judulnya? masalah apa yang sedang kita pikirkan dan dijawab oleh baba ini? Dengan demikian, anda sudah terlibat dan memasuki esensi dari bab tersebut.

-Read, lakukan dengan cepat yang nyaman bagi kita, tidak perlu terlalu cepat. Bacalah setiap bagian satu kali dan temukan jawaban dari pertanyaan yang telah ada di benak kita (active reading) membutuhkan konsentrasi yang baik.

-Recite (bacakan) atau tuliskan kalimat kunci yang meringkas semua maksud dari bagian yang kita baca dengan kata – kata kita sendiri. Hal ini penting krn dengan demikian berarti kita telah menangkap esensi bacaan

-Review (meninjau kembali atau mengulang), setelah kita memiliki sejumlah kalimat – kalimat kunci yang merupakan kerangka (outline) dari keseluruhan bab. ujilah diri kita dengan mengulang kalimat – kalimat kunci ini dan perhatikan apakah kita dapat mengingat kembali semuanya. lakukan hal ini segera setelah anda menyelesaikan satu bab jika ada bagian yang tidak dapat kita ingat dengan baik, ulangi membaca bagian tersebut. Proses ini memakan waktu kurang dari 5 (lima) menit.

Sumber : Internet


Digg Technorati del.icio.us Stumbleupon Reddit Blinklist Furl Spurl Yahoo Simpy

2 comments:

Good posting!
Good blog.

salam kenal.
iqbal, 2009 -d4 LB-

ramonaramones said...

Dulu wktu kuliah pernah dikasih tau ma dosen.. tp dah lupa.. Mksh infonya,,

Slam knal y.. visit me blog saya


Laik dis ^_^

Post a Comment

 
 
 

Followers

There was an error in this gadget

#chitika